Efrinal Sinaga Presiden Direktur Akulaku Finance Indonesia menyebutkan, pandemi virus corona dua tahun ternyata efektif mempercepat akselerasi digital nasional.
Pelaku fintech Sebut Pandemi Percepat Akselerasi Digital Nasional
Bahkan, Efrinal juga mengatakan pandemi telah mengubah pola interaksi masyarakat. Dampaknya, ada pertumbuhan signifikan pada bisnis digital dalam negeri, baik layanan e-commerce hingga digital payment.
“Pandemi Covid-19 menjadi prime mover perubahan gaya hidup yang membuat masyarakat shifting pada kehidupan yang menciptakan masyarakat contactless, paperless dan cashless,” kata Efrinal di Jakarta, Kamis (20/1/2022).
Untuk itu perseroan merespon dengan memberikan layanan yang tepat yang dibutuhkan oleh masyarakat seiring dengan tren digital yang meningkat pesat.
Efrinal mengatakan, saat ini Akulaku telah memiliki sekitar 11 juta pengunduh aplikasi dengan layanan utama pada pemberian kredit digital atau Buy Now Pay Later (BNPL) yang terintegrasi dengan berbagai platform.
Tahun 2021, realisasi pembiayaan yang berhasil disalurkan oleh perseroan melebihi target, yaitu mencapai 135 persen dari target semula dan diiringi kesehatan portofolio yang masih terjaga, dengan tingkat non performing financing (NPF) sebesar 2,45 persen.
Sedangkan untuk Tahun 2022, pihaknya optimistis dapat menorehkan kinerja yang sama baiknya dengan apa yang dicapai perseroan sepanjang 2021. Apalagi tahun 2022 digadang-gadang sebagai tahun kebangkitan ekonomi nasional.
Dia pun menargetkan, pada Tahun 2022 kinerja perusahaan dapat tumbuh di atas 30 persen, dengan target pembiayaan sebesar Rp11 triliun.
“Untuk 2022, kami tetap yakin tahun ini adalah tahun kebangkitan. Dengan melihat tingkat peluang pertumbuhan ekonomi nasional dan regional, kami berharap kami bisa tumbuh di atas 30 persen, dan kami menargetkan setidaknya bisa membukukan Rp11 triliun,” kata Efrinal.
Efrinal menambahkan, untuk mencapai target tersebut pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi dan juga terus memperkuat mitigasi risiko.
“Kami tetap berharap dengan customer retention dan layanan yang baik secara terus menerus. Kami berharap dapat terus menambah basis nasabah yang terus bertransaksi menggunakan platform Akulaku,” harap Efrinal. (Antara)