Digitalisasi pelayanan publik akan memudahkan masyarakat mengakses segala kebutuhan yang berkaitan dengan administrasi pemerintahan.
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (Bagian Pemberitaan dan Media DPD RI)
“Digitalisasi tak hanya memudahkan masyarakat, tetapi pemerintah itu sendiri. Dengan digitalisasi, kita dapat menghemat waktu dan kualitas pelayanan juga akan meningkat,” kata Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (4/6).
Menurutnya, digitalisasi berbagai sektor untuk meningkatkan pelayanan pemerintahan daerah, merupakan keniscayaan. Pelayanan digital juga memberikan berbagai kemudahan baik dari waktu, biaya serta kemudahan lainnya.
“Saya menyambut positif rencana Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Tengah yang akan menggelar AMSI Jateng Digital Award dan Jateng Digital Converence (JDC). Saya berharap, melalui penganugerahan Digital Award ini dapat memacu inovasi di berbagai unit pelayanan serta meningkatkan kinerja pemda melalui digitalisasi,” ujarnya.
Dia menambahkan, pelayanan digitalisasi mampu menghilangkan pungutan liar (pungli), yang selama ini terjadi dan berdampak domino terhadap masyarakat. Namun saya mengingatkan agar masyarakat semakin adaptif terhadap sistem pelayanan digital.
“Jadi, baik pemerintah dan masyarakat sama-sama melek teknologi. Di era teknologi 4.0 ini, seluruh komponen sudah harus beradaptasi dengan teknologi,” tandasnya.
Penggunaan teknologi dapat memacu percepatan pembangunan, sekaligus meningkatkan kualitas dari berbagai aspek kehidupan. Apalagi, teknologi terus berkembang.
“Hendaknya kita manfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan berbagai kualitas dalam setiap aspek kehidupan kita,” tukasnya.