Keuangan PSG naik signifikan sejak bergabungnya Lionel Messi.
Lionel Messi mampu mendongkrak pendapatan PSG dari sponsor.(twitter/@LMessifanclub)
PSG memboyong Messi pada musim panas 2020 lalu usai kontraknya di Barcelona selesai. Enam gol dan lima assist dari 16 laga memang membuat penampilan La Pulga dianggap belum maksimal bagi Les Parisiens.
Tapi, PSG merasakan dampak besar di luar lapangan karena kedatangan Messi. Dilansir oleh Marca, sejak direkrut pada 10 Agustus, PSG telah mencapai kesepakatan dengan delapan sponsor baru.
Beberapa di antaranya adalah DIOR dan crypto.com. Sementara Coca Cola belum lama ini memperbarui kontrak sponsor dengan PSG sampai 2024.
“Kenaikan pendapatan kami di 2021 akan signifikan. Angkanya akan lebih dari 10 persen dibandingkan dengan 2020,” ungkap Direktur Sponsor PSG, Marc Armstrong.
“Messi dalam permainan terbaiknya di Copa America dan dia sudah menunjukkan itu di Liga Champions. Namun dia tidak sendiri, ada (Gianluigi) Donnarumma, (Achraf) Hakimi, dan (Kylian) Mbappe.”
Selain itu, pengikut akun media sosial PSG juga mengalami kenaikan signifikan. Sejak kedatangan Messi, pengikut akun media sosial PSG bertambah 15 juta.
PSG juga sukses menjual lebih dari 1 juta jersey di sepanjang 2021. Lionel Messi diprediksi berkontribusi terhadap kenaikan sebesar 30-40 persen.***