Setidaknya 25.289 orang tewas dalam tabrakan langsung pada tahun 2020, di mana 30% di antaranya dapat dihindari jika airbag dibuka dengan benar
Ilustrasi air bag kendaraan mobil (Foto: ist/dna)
Setidaknya 25.289 orang tewas dalam tabrakan langsung pada tahun 2020, di mana 30% di antaranya dapat dihindari jika airbag dibuka dengan benar selama tabrakan langsung. Demikian pula, 14.271 orang kehilangan nyawa karena tabrakan samping dan 31% atau 4.424 dari nyawa itu bisa diselamatkan dengan penggunaan kantong udara samping.
Nitin Gadkari mengatakan bahwa setiap tahun lebih dari lima lakh kecelakaan lalu lintas terjadi di India. Dari jumlah tersebut, 1,5 lakh kehilangan nyawa mereka. Untuk alasan ini, sekarang ada beberapa tindakan.
Program pengujian kerusakan
Nitin Gadkari juga menyoroti bahwa norma-norma baru sedang diperkenalkan untuk memastikan keselamatan pengguna kendaraan.
"Enam airbag sekarang wajib. Kami telah memutuskan untuk menjadikannya wajib untuk model ekonomi juga," kata dia di Rajya Sabha, Rabu, dikutip dari dna.
Selain itu, Kementerian Transportasi Jalan dan Jalan Raya sedang mengerjakan proposal dengan berkonsultasi dengan pemangku kepentingan untuk menyiapkan rencana, yang akan menguji dan mengevaluasi peringkat bintang mobil di bawah Program Penilaian Mobil Baru India (BNCAP).
Bagaimana pengujian akan dilakukan?
Di bawah program ini, mobil akan diberi peringkat satu hingga lima bintang. Produsen mobil akan didorong untuk secara sukarela berpartisipasi dalam program evaluasi uji keselamatan dan memasukkan standar keselamatan yang lebih tinggi ke dalam model mobil baru sehubungan dengan berbagai parameter yang diidentifikasi.
"Kami ingin melindungi kehidupan masyarakat dan karenanya kami akan memperkenalkan sistem peringkat ini," kata Nitin Gadkari.