2021, Tokopedia Menduduki Peringkat Satu Pemain e-Commerce

2021, Tokopedia Menduduki Peringkat Satu Pemain e-Commerce


Pembaruan data dari peta eCommerce memiliki indikator yang terdiri dari pengunjung web, ranking aplikasi, pengikut media sosial, dan jumlah karyawan.

Berdasarkan data tersebut, Tokopedia menjadi eCommerce nomor satu di Indonesia pada kuartal II (Q2) 2021 dengan 147,8 juta pengunjung web per bulan. Jumlah ini bertambah 61,7 juta secara year on year (yoy), yang pada Q2 2020 hanya tercatat memiliki 86,1 juta pengunjung.

Posisi ini sekaligus mendahului Shopee yang pada Q2 2020 menjadi jawara dengan 94,3 juta pengunjung. Pada Q2 2021, Shopee harus turun ke peringkat dua dengan 127 juta pengunjung. Bukalapak mengisi peringkat ke-3 dengan 29,4 juta kunjungan.

Kemudian Lazada dan Blibli di peringkat 4 dan 5 dengan masing-masing mencatat 27,6 juta dan 18,4 juta kunjungan.

Keberhasilan Tokopedia sebagai eCommerce yang paling banyak dikunjungi tentunya selaras dengan tujuan perusahaan tersebut, yaitu ingin menguatkan penetrasi di dalam negeri ketimbang ekspansi ke luar negeri.