
Wowsiap.com – Kejuaraan Dunia MotoGP akan melarang penggunaan sistem front ride-height atau piranti untuk mengatur ketinggian roda depan mulai tahun 2023.
Namun, sistem rear ride-height atau piranti untuk mengatur ketinggian roda belakang dan sistem holeshot depan dan belakang yang hanya digunakan pada awal balapan akan tetap legal pada MotoGP.
Saat ini, hanya tim MotoGP Ducati yang diketahui memiliki sistem front ride-height di samping bagian belakang saat keluar dari tikungan dengan pabrikan saingan membuat oposisi mereka jelas.
“Selama pertemuan Komisi yang diadakan di Lusail pada 4 Maret 2022, delegasi Komisi Grand Prix diminta untuk mempertimbangkan dua proposal alternatif tentang masalah front ride-height ini,” demikian pernyataan dari Komisi Grand Prix MotoGP.
“Keduanya memiliki tujuan untuk mencegah peningkatan kinerja lebih lanjut dan peningkatan biaya pengembangan. Setelah mempertimbangkan proposal, peraturan berikut disetujui dengan suara bulat. Penggunaan perangkat apa pun yang mengubah atau menyesuaikan ketinggian pengendaraan depan sepeda motor saat sedang bergerak dilarang.”
“Keputusan Direktur Teknis akan bersifat final ketika menentukan apa yang dimaksud dengan perangkat ketinggian pengendaraan depan; perangkat yang hanya mengoperasikan satu tembakan pada awal balapan (yaitu perangkat holeshot) diperbolehkan,” lanjut pernyataan tersebut.
Ketinggian kendaraan/perangkat holeshot memungkinkan akselerasi yang lebih besar dengan menurunkan pusat gravitasi dan karenanya mengurangi wheelies. Area depan yang lebih kecil juga mengurangi hambatan di trek lurus.
Karena larangan lama MotoGP pada suspensi elektronik, kedua sistem harus bekerja hanya menggunakan komponen mekanis dan hidrolik, yang dipicu oleh pengendara.
Sementara perangkat holeshot diaktifkan di grid dan kemudian dinonaktifkan oleh gaya pengereman di tikungan pertama, perangkat ride-height yang dapat diulang lebih rumit.
Dipelopori oleh Ducati, sistem paling canggih dipicu oleh pengendara yang menekan tombol saat memasuki tikungan, dengan sepeda kemudian diturunkan secara otomatis saat keluar.
Baik sistem holeshot dan ride-height memiliki banyak perangkat keras yang sama, tetapi sifat statis dari start balapan berarti sepeda dapat diturunkan ke level yang lebih rendah daripada saat perangkat ride-height digunakan dengan kecepatan tinggi.***