Tes MotoGP Mandalika 2022

Beda dengan Ducati, Tim Suzuki Ecstar Belum Pikirkan Sistem Ride-Height

Sistem Ride-Height pada motor Ducati disebut bisa membantu akselerasi dan kecepatan tertinggi saat menjalani tes MotoGP.

Beda dengan Ducati, Tim Suzuki Ecstar Belum Pikirkan Sistem Ride-Height

Rider TIm Suzuki Ecstar MotoGP, Joan Mirr dan Alex RIns.(Foto : suzuki-racing.com)

Wowsiap.com – Tim Suzuki Ecstar MotoGP tidak berencana untuk mengikuti jejak Ducati dengan memasang sistem ride-height depan di GSX-RR musim ini, meski mereka sudah mengetahui cara kerjanya.

Pemimpin proyek dan manajer tim MotoGP Suzuki, Shinichi Sahara mengatakan timnya saat ini tidak memiliki rencana untuk memperkenalkan sistem ride-height pada GSX-RR.

Analisis posisi garpu depan selama tes Sepang minggu lalu menunjukkan bahwa Ducati, yang mengembangkan sistem holeshot/ride-height asli di belakang, kini juga dapat menurunkan bagian depan motornya saat keluar dari tikungan.

Itu menurunkan pusat gravitasi lebih jauh, membantu akselerasi dan kecepatan tertinggi melalui peningkatan anti-wheelie. Hal ini membuat rival untuk mengejar ketertinggalan mereka dari Ducati dalam hal teknologi, tak terkecuali Suzuki.

Skuat Hamamatsu menghadapi kritik setelah jadi yang terakhir memperkenalkan perangkat ride-height belakang setelah liburan musim panas tahun lalu. Namun, Shinichi Sahara menegaskan mereka tidak memiliki rencana untuk memasang ride-height depan ke motornya.

“Sistem (depan) kami saat ini hanya berfungsi untuk start. Jadi selama balapan atau lari di trek, sistem itu tidak berfungsi untuk kami,” kata Sahara dilansir oleh Crash. “Kami mengerti bagaimana membuat sistem, kami juga tahu metode untuk mengembangkannya, tetapi kami tidak benar-benar berpikir untuk menggunakan sistem ini setidaknya untuk tahun ini.”

Dia mengakui Suzuki akan mengembangkan sistem tersebut jika itu menjadi teknologi umum, namun ia menyuarakan keraguannya apakah perangkat ride-heigt memiliki kontribusi terhadap top speed motor yang semakin meningkat.

“Saya tahu beberapa pabrikan mencoba menggunakan ini selama mereka berjalan, di depan. Oke, jika itu menjadi teknologi umum untuk bersaing, oke kita harus mencoba ini dan harus menggunakan ini.”

“Tetapi ini (akan) memaksa kami untuk memiliki lebih banyak anggaran ekstra, untuk mengembangkannya. Saya juga tidak tahu apakah ini cara yang baik bagi kami untuk memiliki kecepatan lebih di trek lurus, dalam hal keselamatan. Jadi sebenarnya kami harus membahas tentang ini dengan sangat hati-hati,” ujar Sahara soal pengembangan Tim Suzuki Ecstar MotoGP.***

MotoGP suzuki ducati shinichi sahara