Mengintip Keberhasilan dan Kegagalan Game NBA 2k Mobile League

NBA 2k League adalah kompetisi esports bola basket yang dimainkan menggunakan video game NBA 2k Mobile berlisensi resmi.

Mengintip Keberhasilan dan Kegagalan Game NBA 2k Mobile League

NBA 2k League, The gamer dan NBA 2k League

Wowsiap.com - Game ini didirikan pada awal 2017 dan memiliki pertandingan musim perdananya setahun kemudian pada Mei 2018. Di permainan pertama ini melibatkan 17 tim, semuanya terkait dengan tim NBA resmi, yang masing-masing memainkan 14 pertandingan. 

Permainan ini diikuti oleh turnamen playoff pascamusim yang berjalan dalam format yang mirip dengan playoff NBA kehidupan nyata. Delapan tim lolos ke perempat final, sebelum dipersempit menjadi empat untuk semifinal, dan hanya dua untuk final.

Tahun pertama itu, NBA 2K League dimenangkan oleh Knicks Gaming, tim esports resmi dari New York Knicks NBA. Tim juga memenangkan salah satu dari tiga turnamen khusus yang diadakan di musim sama; yang lain melihat Blazer5 Gaming dan 76ers GC muncul sebagai pemenang. Mei 2021 menyaksikan pertandingan keempat Liga NBA 2K, dengan sekarang 24 tim berjuang untuk mendapatkan hadiah senilai $ 1,5 juta. 

Tetapi mengapa NBA 2K Mobile League didirikan dan apakah itu sukses?

Membuktikan masa depan NBA di liga esports 2K

Dilansir dari Gaminonphone, NBA adalah kompetisi olahraga yang sangat sukses. Olahraga bola basket itu adalah raksasa komersial dan tentunya memiliki daya pikat marketing yang luar biasa. Ini adalah liga olahraga terkaya ketiga di dunia jika diukur berdasarkan pendapatan, hanya di belakang National Football League dan Major League Baseball. Pada tahun 2019, NBA menghasilkan pendapatan $7,92 miliar, cukup untuk menempatkannya dalam 400 perusahaan berpenghasilan tertinggi di Amerika Serikat.

Pendapatan untuk NBA berasal dari beberapa sumber. Yang terbesar sejauh ini adalah kesepakatan hak siar televisi di mana jaringan TV membayar liga dalam jumlah besar untuk dapat menampilkan permainan di saluran mereka. Kontrak sembilan tahun saat ini, yang dimulai pada musim 2016-17, menghasilkan NBA $2,6 miliar dari TNT dan ESPN.

Selain itu, hak untuk sekitar 1.000 pertandingan musim reguler dibeli oleh penyiar TV lokal, menghasilkan masing-masing tim antara $9 juta dan $150 juta per tahun. Pendapatan lebih lanjut dihasilkan oleh kesepakatan sponsor, tiket untuk permainan, dan penjualan barang dagangan. Taruhan olahraga juga merupakan industri besar, dengan hampir setiap buku olahraga AS menawarkan peluang taruhan NBA pada musim reguler dan permainan playoff serta pasar berjangka seperti tim mana yang akan memenangkan kejuaraan.

Sementara segala sesuatunya berjalan dengan baik sekarang, perhatian para bos liga menyatakan para penggemar NBA saat ini semakin tua dan generasi yang lebih muda tidak menggantikan mereka. Dalam kelompok usia 18-34, jumlah orang yang menggambarkan diri mereka sebagai "penggemar setia NBA" enam poin persentase lebih rendah daripada kelompok usia 35-44 tahun. Jika pemirsa liga menyusut, itu tidak akan dapat memerintahkan jumlah besar yang sama dari penyiar dan sponsor.

NBA, perlu menemukan cara untuk mendorong orang dewasa yang lebih muda agar bersemangat tentang bola basket. Salah satu upayanya adalah membuat NBA 2K League untuk menggunakan esports sebagai saluran untuk membangun hubungan dengan generasi penggemar baru.

Masa depan liga esports NBA 2K Mobile dan cara kerjanya

Kompetisi esports yang didasarkan pada olahraga kehidupan nyata telah mengalami kesulitan dibandingkan dengan beberapa judul paling sukses seperti League of Legends dan Dota 2. Alasan utamanya adalah fakta, di mana lebih mudah bagi penggemar dan kritikus untuk membandingkan keduanya. , sesuatu yang tidak dapat Anda lakukan dengan video game dalam arena pertempuran fantasi.

Dengan hampir setiap metrik, liga NBA 2K telah sukses. Setelah dimulai dengan 17 tim di musim perdananya, sekarang menjadi 24. Pada tahun 2020, siaran liga di layanan streaming Twitch melihat rata-rata jumlah pemirsa unik mereka meningkat sebesar 69%, sementara rata-rata pemirsa per metrik streaming naik 48% , dan rata-rata jumlah menit yang ditonton per streaming meningkat sebesar 55%.

Sebagai latihan komersial, NBA 2K League juga dapat berdiri sendiri, dengan kesepakatan kemitraan dengan merek seperti AT&T, Panera Bread, dan Snickers. Namun, juri masih belum mengetahui apakah NBA 2K League telah membantu liga utama NBA meningkatkan basis penggemarnya. Pemirsa TV turun di sebagian besar tahun 2020, meskipun angka tahun 2021 tampaknya telah meningkat.

Perlu beberapa waktu untuk mengetahui apakah tujuan utama liga ini berhasil atau tidak karena ini adalah proyek jangka panjang NBA. 

NBA 2K Mobile NBA Pemirsa TV turun Game Bola Basket Permainan