Menilai yang Terbaik dari Permainan PUBG New State dan Free Fire MAX

Diantara kedua game yang telah dirilis di tahun 2021 ini, siapa yang akan menjadi bintang dalam genre game penembak masa depan dan yang mendapatkan gelar pembohong?!

Menilai yang Terbaik dari Permainan PUBG New State dan Free Fire MAX

Data PUBG:NewState dan Free Fire Max, sumber Social Peta

Wowsiap.com - Setiap perusahaan game ditantang secara komprehensif ketika mereka mencoba membuat game penembak Battle Royale seperti PUBG New State atau Free Fire MAX. Mereka (tim pembuat game-red) perlu memastikan gamenya memiliki kontrol dan koneksi server yang lancar, jumlah gamer yang stabil, upaya memerangi kecurangan, dan banyak hal lainnya. 

Tentu saja, strategi pemasaran yang brilian akan membantu permainan yang diciptakan bisa mendapatkan awal yang baik. 

Pengembang game PUBG Mobile, Krafton diketahui telah ajukan gugatan pada tanggal 13 Januari 2022 terhadap Apple, Google, dan Garena pengembang game Free Fire yang merupakan induk dari Free Fire MAX. 

Selain perusahaan di atas, Krafton juga menggugat Youtube yang dinilai telah banyak memposting video dari materi yang dinilai melanggar. Itu bukan gugatan pertama yang diajukan Krafton atas pelanggaran hak cipta. 

Pada awal Mei 2018, Krafton menggugat pembuat Fortnite Epic Games, dengan tuduhan pelanggaran serupa atas kekayaan intelektualnya. Gugatan itu, yang diajukan di negara markas Krafton, Korea Selatan, segera ditarik.

Game Battle Royale selalu menjadi salah satu game terlaris di industri game seluler di seluruh dunia. Sementara PUBG Mobile, salah satu produk unggulan, meraup pendapatan lebih dari 7 miliar USD pada November 2021, dua game Battle Royale baru dirilis untuk menjadi hit besar di akhir tahun yang sama.

Gambar-gambar di bawah ini di ambil dari situs socialpeta

Pada 28 September 2021, Free Fire MAX, versi terbaru dari game penembak populer Free Fire, dirilis untuk beta publik. Pada 11 November 2021, pembuat PUBG Krafton secara resmi meluncurkan game mobile Battle Royale, PUBG: New State.

PUBG New State vs Free Fire MAX

Menarik banyak perhatian pasar setelah dirilis, kedua game tersebut menjadi game 1 teratas berdasarkan unduhan di Google Play masing-masing pada bulan Oktober dan November 2021. Berdasarkan data dari SocialPeta yang merupakan platform periklanan dan pemasaran terkemuka di dunia bisa diketahui bagaimana kinerja, jumlah unduhan dan pendapatan yang dihasilkan dari kedua game genre penembak tersebut.

Berikut ulasannya;

1. Unduh dan Pendapatan

New State dengan unduhan yang luar biasa; Free Fire dengan pendapatan yang sedikit lebih baik

Unduhan

Mari kita lihat unduhan mereka terlebih dahulu. Meskipun Garena Free Fire Max (selanjutnya disebut sebagai "GFFM") diluncurkan pada akhir September 2021, kedua game telah diunduh lebih dari 50 juta kali pada Desember 2021. Jelas yang kemudian diluncurkan tetapi PUBG lebih ortodoks: Negara Baru (selanjutnya disebut sebagai "PNS") lebih baik didorong.

GFFM menerima 50,5 juta unduhan pada tahun 2021, dengan 12,1 juta unduhan dari App Store dan 38,4 juta unduhan dari Google Play. Game ini mencatat unduhan puncak hariannya pada hari ketiga setelah dirilis, dengan hampir 5,6 juta unduhan pada hari itu. Dan itu mencatat unduhan puncak mingguannya di minggu pertama setelah dirilis, dengan lebih dari 12,2 juta unduhan dalam seminggu dari 12 hingga 18 Oktober 2021. Setelah sebulan sejak dirilis, gim ini mempertahankan jumlah unduhan yang stabil, sekitar 240.000 unduhan per minggu. hari.

PNS menerima 70,5 juta unduhan sejak dirilis pada tahun 2021, dengan 10,9 juta unduhan dari App Store, terhitung 15,5%, dan 59,6 juta unduhan dari Google Play, terhitung 84,5%.

Game ini mencatat sekitar 3 juta unduhan harian dari Google Play di minggu pertama sejak dirilis. Unduhannya meningkat secara dramatis pada 1 Desember 2021 hingga mencapai hampir 9 juta unduhan harian.

Pendapatan

Sekarang mari kita beralih ke pendapatan dari dua game. Pada tahun 2021, GFFM meraup 37,2 juta USD dan PNS meraup 6,4 juta USD. GFFM menghasilkan 18 juta USD di App Store dan 19,2 juta USD di Google Play, dengan pendapatan hariannya di App Store mencapai lebih dari 450.000 USD pada 30 September 2021, dan pendapatan hariannya di Google Play mencapai lebih dari 520.000 USD pada akhir Oktober 2021.

PNS menghasilkan 2 juta USD di App Store dan 4,4 juta USD di Google Play, dengan pendapatan harian di App Store mencapai lebih dari 100.000 USD pada 7 Desember 2021, dan pendapatan harian di Google Play mencapai lebih dari 600.000 USD pada 1 Desember 2021. GFFM mencatat pendapatan sebesar 19,9 juta USD dari 28 September hingga 15 November 2021, dan PNS mencatat pendapatan sebesar 6,4 juta USD dari 13 November hingga 27 Desember 2021. 

2. Strategi Periklanan

Free Fire fokus di Asia;  PUBG New Statee diperluas ke Eropa dan Amerika

Kedua game tersebut sudah mulai diiklankan untuk menarik calon pemain jauh sebelum dirilis. SocialPeta melihat materi iklan untuk GFFM sejak Januari 2017. Gim ini memiliki 1025 materi iklan yang dihapus duplikatnya pada tahun 2021. PNS juga telah mulai beriklan 10 bulan sebelum dirilis. Menurut SocialPeta, game tersebut memiliki 5071 materi iklan yang dihapus duplikatnya pada tahun 2021.

GFFM memiliki rata-rata 32 materi iklan per hari di iOS dan 46 materi iklan per hari di Android. Materi iklan harian game mencapai puncaknya sekitar waktu rilis resminya, memuncak pada 391 materi iklan harian di iOS dan Android yang digabungkan, dengan materi iklan video menyumbang 56%. Permainan ini terutama diiklankan ke Pakistan, Indonesia, dan Vietnam, dengan materi iklan di Pakistan menyumbang 31,57% dari total materi iklan.

Google Ads adalah pilihan pertama game untuk iklan, menyumbang 38,1% dari total materi iklan game. Sejauh tayangan pergi, permainan mendapat jumlah eksposur yang lebih besar di Facebook, menerima lebih dari 37 juta tayangan diperkirakan di Facebook.

Sedangkan untuk PNS, rata-rata memiliki 100 materi iklan per hari di iOS dan 334 materi iklan per hari di Android. Gim ini mulai beriklan secara besar-besaran sejak Juli dan menerima puncak materi iklan pada akhir Oktober, memuncak pada lebih dari 1200 materi iklan harian di iOS dan Android yang digabungkan, dengan materi iklan video mencapai 61%. Gim ini berfokus pada periklanan ke Amerika Serikat, Arab Saudi, dan Rusia, dengan materi iklan di tiga negara yang digabungkan menjadi lebih dari 1/4 dari total materi iklan gim.

Facebook adalah pilihan pertama game untuk iklan, menyumbang 20,99% dari total materi iklan game. Sejauh tayangan berjalan, permainan mendapat jumlah eksposur yang lebih besar di Instagram, menerima lebih dari 60 juta tayangan yang diperkirakan di Instagram.

3. Materi Iklan Populer

Novel tema yang digunakan Free Fire dan New State tema dengan suasana yang menyenangkan

Kedua game tersebut juga memiliki materi iklan yang berbeda. Terutama karena materi iklan GFFM yang populer berfokus pada tampilan item dan skin baru dalam game dan gameplay baru untuk menarik lebih banyak pemain untuk bermain game.

Sementara PNS, sebagai game baru, sebagian besar materi iklan populernya dibuat dari video PV berkualitas tinggi, mencoba menarik pemain dengan materi iklan berkualitas tinggi seperti PUBG PC dan dengan adegan pertarungan yang seru.

Free Fire Free Fire Max PUBG New State Fortnite Epic Games Battle Royale Game Pendapatan Unduhan Sosial Peta Periklanan GFFM PNS Krafton Garena Youtube Google Ads Google Play App Store