CEO Supercell, IIka Pannaen mengungkap kesuksesan berbagai macam permainan yang dibuatnya di masa lalu dalam posting blog resminya.
Clash of Clans, koplayerpc
Dalam posting blog yang panjang di situs resminya, CEO IIka Pannaen menguraikan, penyebabnya popularisasi perusahaan game ini. Diantaranya seperti Supercell perlahan-lahan menjauh dan sedang memikirkan untuk menyusun tim yang lebih besar dari sebelumnya.
Alasan Supercell Mengubah Tim Pengembang Game Kecilnya
Pannaen mengatakan, dahulu dia merasa bahwa tim pengembangan kecil akan lebih menguntungkan perusahaan karena tim kecil lebih berani mengambil risiko. Ini melahirkan 'budaya' perusahaan dalam menugaskan tim kecil untuk game baru dan game langsung.
Kini Pannaen mengatakan bahwa pikirannya telah berubah. Dia tidak lagi percaya memiliki tim "kecil" untuk pengembangan game. Dia menyebutkan bahwa Supercell masih berusaha menemukan "keseimbangan yang tepat" dalam hal ukuran tim.
CEO Finlandia itu mengakui bahwa mungkin akan ada lebih banyak kegagalan di masa depan ketika perusahaan mencoba mengubah etosnya tetapi masih merasa yakin bahwa semua orang di Supercell akan beradaptasi dengan baik. Dia juga mengatakan bahwa tim yang lebih besar akan membantu mengurangi beban kerja dan dengan demikian meningkatkan kesejahteraan mental karyawan secara keseluruhan.
Meskipun demikian, Pannaen menekankan bahwa ini tidak berarti bahwa ia akan menghapus formula "tim permainan independen" yang telah membawa Supercell sukses besar selama bertahun-tahun. Dia menyatakan bahwa dia masih sepenuhnya percaya bahwa tim berfungsi pada tingkat terbaik mereka ketika mereka dibiarkan sendiri dan diberi kendali penuh atas sebuah proyek.